Long Weekend 1-3 Desember 2017.

Ya, perjalanan kali ini bener2 ga dikira bakal gw jalanin, karena mikirnya aja udah males,
gimana ga males, kondisi motor yang kurang fit (ban, shock depan, kampas rem, filter udara, dan beberapa perintilan lainnya yang udah saatnya minta ganti), ditambah Badai Cempaka yang lagi melanda Jawa Barat – Jawa Tengah, yang notabene merupakan jalur yang bakal gw lalui untuk rencana pejalanan kali ini.

Tapi, kalo niatnya untuk silahturahmi memang selalu dipermudah!
Sebenernya, tujuan perjalanan kali ini untuk menghadiri undangan pernikahan dari teman kuliah di Boyolali, acara ulang tahun komunitas motor di Ambarawa, dan silahturahmi dengan saudara, adik dari nyokap di Semarang, tepatnya di belakang Lawang Sewu 😀

Melihat tanggal, lalu planing untuk menginap dimana, pergantian parts motor sebelum berangkat, dan persiapan lainnya udah gw lakuin 1 minggu sebelum keberangkatan,
Ya, gw berangkat ke Jawa Tengah menggunakan kendaraan roda 2, seorang diri (single riding), ga ada temen chit-chat selama perjalanan memang ngebosenin ya, wkwkwk
dan cara yang paling ampuh biar ga bosen selama perjalanan ya musik dari handphone + suara navigasi dari mba google maps :p

Beberapa persiapan untuk pergantian parts motor seperti yang gw sebutin sebelumnya adalah Ban belakang (dapet pinjeman dari temen komunitas beserta velgnya bro ! wkwkwk), kampas rem, filter udara, minor repair shock depan sebelah kiri, cek baut + roda, dan yang pasti ganti oli mesin 🙂

Part 1: Sebuah Awal (1 Desember 2017)
Entah mengapa perjalanan long haul (halah bahasanya udah kayak naik pesawat antar benua), selalu gw mulai dari subuh/ sebelum muncul matahari, prepare dari jam 03.30AM, dan berangkat 04.30AM setelah shalat subuh.
Ga ada yang spesial sih sebenernya di perjalanan berangkat ini, cuman namanya perjalanan, akan selalu dihiasi oleh insiden-insden kecil, contohnya di Tasik, ketika menyalip kontainer, motor depan gw rem mendadak, iya, bapak-bapak yang bawa beat ragu ketika hendak menyalip kontainer dan ditengah menyalip kontainer dia rem mendadak, otomatis bejek rem depan belakang, sempet lock beberapa detik, tapi alhamdulilah motor masih bisa dikendalikan dan berhasil lolos dari crash, sabar, itu intinya, perjalanan masih jauh bung!, kan ga lucu, masih di Jawa Barat tapi udah kenapa-kenapa.

Masuk perbatasan Jawa Barat – Jawa Tengah sekitar jam 08.00 pagi, perjanalan semi-gila-gaspol pagi-pagi memang mantap, Bandung Barat – Banjar cukup 3 jam 30 menit kurang lebih, jepret-jepret sebentar di tugu selamat jalan Jawa barat dan selamat datang Jawa Tengah, dan gw lupa nyimpen itu foto dimana wkwkwk, nanti kalo ketemu gw update di marih ya, ada kok fotonya, tapi kayaknya ga kebackup di cloud.

Setelah istirahat sejenak, gw lanjutkan perjalanan yang lumayan syahdu, mendung bro dari awal berangkat dari rumah, jadi sepanjang perjalanan, jas hujan Axiio ga lepas dari badan :v
Karena ini pertama pernjalanan solo touring, dan gw ga berani ambil jalur dandles (dan gw menyesal, padahal kalo ambil jalur dandles, bisa lari2 sampe mentok tuh si mesin wkwkwk), gw ambil jalur tengah – purworejo – wates.

Karena hari itu hari jumat, gw sempet jumatan dulu sebentar di daerah Temon (iya, nama daerahnya Temon, gw kira boongan, pas dicek di maps memang daerah Kecamatan Temon), ga ada yang spesial sih, jumatan ya jumatan aja kayak di mesjid2 Jawa Barat pada umumnya (kebetulan dapet mesjidnya NU), dan kebetulan ketemu sama seseorang yang ngajak kenalan, gw sendiri udah lupa siapa namanya, dan yang masih gw inget, beliau kerja di Malioboro Mall, oh iya ada yang lucu ketika cari makan siang di daerah Wates, sengaja cari warung nasi padang, karena memang paling nikmat itu warnas padang pas siang-siang, dan solusi aman juga, karena warung nasi padang harganya rata bro, ga bakal dah kena tipu, kecuali masuk restoran padang ya.
Momen akward atau lucu itu karena kalo di Jawa Barat, kita makan di warung nasi padang akan dilayani, terutama ketika ambil nasi dan di daerah Jawa Tengah, nasinya ambil sendiri, asli kikuk bro ketika awal ambil nasi, takut kebanyakan wkwkwk.

Tujuan hari pertama adalah hotel (lebih tepatnya penginapan sih) di daerah Solo dan lokasinya dekat bandara, karena hari ke-2 itu acara undangan dari temen kampus, jadi mau ga mau cari penginapan murah deket sama acara, dan dapetnya di deket Bandara, overall hotelnya sih nyaman, dan bersih juga, yang terpenting, murah bro wkwkwk

oh iya, sempet photo juga di tugu masuk sebelum daerah hotelnya, cekidot photonya bro:

Dan ini penampakan kamar hotel (penginapannya):

Ini kalo ga salah, dapet rate 120rb/ malem, murah? murah banget, dapet AC dan kamar mandi dalem soalnya wkwkwk, daerah Colomadu, dan ini penginapan dipake sama yang transit juga sih, sempet ketemu sama mobil google maps juga lho!

Setelah sampai, check-in ga usah pake KTP segala lho disini (tapi kalo sekarang kurang tau ya, tulisan ini dipublish tahun 2020 soalnya wkwkwk), istirahat sebentar, lanjut cari camilan keluar.

Dihari pertama ini sebenarnya banyak banget agendanya, dan ketika sore sampai malam itu jadwal ketemuan sama calon manten! dan sempet ditraktir bakso tengkleng mas bambang juga, mayan gratis bro.
oh iya lupa, peralanan berangkat ini kebetulan gw pake bahan bakar pertamax, dan konsumsinya kurang lebih 100rb (di Bandung isi 50rb pertamax, dan di Bumiayu isi 50rb pertamax).
irit? ya lumayan banget, sebenernya ga mikirin bensin waktu itu, yang penting pengalaman ketika melakukan perjalanan jauh dan solo riding itu yang gw kejar, karena selanjutnya setiap tahun ketagihan untuk keluar provinsi wkwkwk

Bersambung ke part-2 bro!