Hallo selamat datang di catatan saya kali ini,
Kali ini mau share aja retrofit pertama di mobil, dan langsung kebagian retrofit di mobil yang ga umum di jalanan 😀 😀

Projector/ projie yang dipake untuk Chevrolet Zafira A kali ini adalah AES MH1 Standar, dengan shroud Mini Gattling Gun (Mini GG), kenapa pake MiniGG? soalnya headlamp Zafira A sempit (low beam dan high beam berbeda reflektor, dan antara reflektor dengan mika jaraknya deket), jadi cari-cari shroud yang paling kecil dan paling pendek dapetnya ya MiniGG, jadi bisa tanpa bobok dan tanpa modifikasi di reflektor bawaan, jadi ketika mobil mau di jual, bisa di standarin lagi lampunya 😉

Spek projectornya:

  • Projector AES MH1 Standar set
  • Mini Gattling Gun Shroud (tanpa AE)
  • Ballast AES Standar (namun sebelah kanan saya pakein Hylux K35 bekas motor Verza saya)
  • Bulb CnLight 4300K 35W Strightshape
  • Devil Eye warna biru

Penampakan projector set dari AES (dusnya menipu wkwkwk):

 

Proses retrofit seperti biasa

  • Bongkar bumper
  • lepas Headlamp
  • Retrofit (sekalian aligment/ atur ketinggian output cahaya, karena reflektor yang di pake reflktor low beam)
  • Pemasangan kembali Headlamp
  • Beres-beres kabel
  • Done !

 

    • Bongkar bumper + lepas lampu Zafiranya gan!
    • Retrofit ga banyak ane photo, hasil setelah terpasang aja ya


      Perbedaan antara ballast bawaan aes dan Hyluxtek K35, hylux yang kanan ya gan.

    • Hasil Akhir Terpasang


      Nah bagi yang penasaran di balik bumper Zafira A, tuh keliatan, box hitam di bawah headlamp itu Module MKM (Cooling), modul paling manja di Zafira A wkwkwk
      Kiri pake Ballast AES Hitam, penempatan di situ, aman gan, ballast aftermarket ga alergi air kok 😉

      Kanan pake hylux, penempatan ane selipin aja wkwkwk

    • Hasil akhirnya, tambah ganteng si sapi 😀

 

    • Output (ini yang di tunggu2, wkwkwk)

      Low Beam:

      Low Beam (2):

      High Beam (bersama dengan Halogen 100w kiri-kanan)

      Bila terlihat over exposure, lihat photo yang bawah yaa, itu photo di jalanan yang terang (di bawah PJU), dan matahari udah mulai naik (jam 5.20an broo), dan sebelah kanan jalanan setelah hujan dan bersebelahan dengan PJU.

      Redup? keliatannya sih iya, tapi kalo dibandingin sama lampu bawaan yang H7, jauhhhh

 

    • Tambahan, bagi yang kepo ini projie mepet mika apa engga?
      mepet banget gan, wkwkwk ini saya udah tuning ulang, dan mepet mika >.<, autoleveling masih bisa kok, tapi posisi paling atas kena mika shorudnya.

 

Done!

 


Overall setelah retrofit pertama ada beberapa kali bongkar (2x bongkar ulang, setting ulang dan bongkar ulang rubah base projectornya, karena pertama pasang salah base projector, ane pakein H4, ternyata bikin nunduk projectornya, akhirnya ane pake base projector H7 dan akhirnya normal 😉 ).

Untuk hasil cahaya, jujur ane baru ngeh kalo pake dual projector kerasa banget bedanya dengan single projector, walaupun yang dipake cuman AES Standar.
maklum, biasa retrofit buat motor yang single projector 😀

Oh iya, bagi yang kepo ane habis berapa untuk retrofit ini? ga lebih dari 1jt, murah ya? iya murah soalnya ane cari projector tanpa AE (kebetulan mobil cukupnya tanpa AE), ambil AES Standar, tanpa embel2 apa2 dan Retrofit sendiri.



NB: Beberapa catatan yang menurut ane harus ditulis disini:

  • Saat retrofit, pastikan perlatan yang digunakan aman untuk diri sendiri dan orang lain,
  • Untuk mobil yang umumnya memiliki suhu kerja tinggi yang berdampak pada suhu mesin yang panas, saran saya, ballast/ kompoenen elektronik tambahan sebaiknya di sembunyikan/ di jauhkan dari ruang mesin.
  • Saya tidak meyarankan anda untuk retrofit projector ini sendiri, karena kerusakan yang anda timbulkan akan berdampak pada kerugian baik materi ataupun waktu, saran saya berikan kepada ahlinya.
  • Semua media diatas silahkan digunakan seperlunya, saya sengaja tidak memberikan Watermark di beberapa photo.

Semoga kepingin, terimakasih sudah mampir, selamat bertemu di tulisan ane selanjutnya 🙂

Bila ada pertanyaan, jangan sungkan untuk mengisi kolom komentar dibawah.