Hallo, selamat datang di catatan ngoprek saya kali ini 🙂

Hari ini sebenarnya malas untuk mengoprek, tapi apa daya, Honda Scoopy FI (2013) milik adik lampu rem belakangnya mati mulu, ada kali setiap 6 bulan ganti baru (padahal bohlam yang dipake udah pake Stanley asli).
Coba ganti bohlam pijar ke LED ternyata ada masalah di lampu senja yang tidak menyala, namun untuk mode rem bekerja seperti biasanya.
Akhirnya pikir otak sana sini, dan coba searching, katanya bisa pake dioda dijalur senjanya, tapi dicoba? nihil gan, tetep ga nyala, coba kasih dioda di semua kabelnya, sama mawon, gagal maning :v

Seruput koka-kola, lanjut ngoprek, dan baru kepikiran kenapa ga ambil dari jalur kontak atau positif DC?
nah ini masalahnya di motor kecil matik/ bebek, jalur ke lampu belakang ga ada positif pure dc, positif dc hanya ada sein, lampu rem, sisanya jalur kuning senja dari spull (ini masalahnya).

Oke, skip2, akhirnya bongkar bagian depan, tapi bingung karena kabelnya kepanjangan.
Ga pake ppikir panjang, langsung cari fuse box, dan akhirnya ketemu di samping aki, di pijakan kaki, yang notabene lebih deket ke pantat motor.

Bongkar-bongkar, dan ternyta dapet jalur positif yang ngikut kontak, di kabel coklat – fuse box sub 10A.

Modal kabel 1.5meter, cukup kok 🙂
kabel baru disambung (tumpangin aja di soket sekringnya), dan sambung ke lampu senja.
NB: Kabel lampu senja dari kabel body ke dudukan lampu di putus, jadi jalur dari kabel body positif senja ga dipake (bisa ditutup pake solasi hitam).


Jadi, untuk jalur positif lampu senja langsung ambil dari kabel coklat fuse box sub 10A di samping aki (kalo bingung, biar orang bengkel aja yak oprek, bilang aja, jalur lampu senja di potong, dan di ganti dari kabel coklat di fuse box).

—————

Catatan untuk kabel di dudukan lampu belakang Scoopy FI:
Hijau: Ground,
Hijau strip Kuning: Positif Rem (DC).
Kuning: Positif Senja (AC).

Secara garis besar kalo bingung tulisan saya diatas, Jalur kabel kuning di dudukan lampu belakang di putus, dan untuk senjanya ambil dari fusebox sub 10a warna coklat (Pake kabel baru).

Hasilnya?
Silahkan disimak:

*Bonus pantat si neng verza yang udah full custom led murah meriah tapi awet sampe 5 tahun 🙂

Dan sekarang lampu rem belakang akan otomatis menyala ketika kontak ON, ga usah nyalain mesin lagi 🙂

Cara ini aman apabila kedepannya bohlam kembali di ganti ke Bohlam standar (pijar), malah lebih bagus, karena sekarang senja sudah Full DC 🙂

—————–

Sekian dan terimakasih, bingung? jangan sungkan untuk tulis komen dibawah.