Hallo selamat datang di postingan gw tentang retrofit/ ngacak2 headlamp kendaraan, lagi 😀

Kali ini, korban kegabutan adalah motor Honda Verza 150, tahun 2013 😀
rencananya ini motor mau pensiun dari projector HID/ Halogen, ke LED, tapi sebelum main ke projector LED sesungguhnya (AES BI-LED atau OEM semacam VRZ), gw coba pake foglamp MT24 merk ICC/ Automoto L7 (bukan Vahid ya, ini versi KW, harganya cuman 120rb/ pcs pas beli kemarin wkwkwk).

Sebelum diretrofit ke headlamp, sebenernya ini foglamp MT24 gw gunakan untuk foglamp di engine guard (EG), tapi lama kelamaan kok rasanya aneh ya pake engine guard (ga sesuai style hehe), akhirnya tuh EG dan lampunya di lepas semua (lampu di EG ada MT24 ICC/ L7 dan RTD 03 buat pass beam).

Sempat pake lampu ori Osram Bilux HS1 35/35w, dan coba ganti ke LED C6 36w, tapi kok hasilnya mengecewakan ya, hahaha
Akhirnya cari akal gimana caranya biar terang lagi tapi ga pake projie hid/ halogen, ketemulah headlamp prasejarah yang masih pake projie/ projector copotan Vios yang selanjutnya bakal gw bongkar, dan ganti projie vios ke double MT24 ICC/ L7 dan double RTD 03 😀

Oke, ga usah ba bi bu lagi, bakal gw mulai proses retrofitnya 😉

Tahap paling awal buat jadiin si MT24 ini jadi main headlamp adalah:

1. Buang foreground yang ngelengkung macam kantong doraemon!
caranya adalah nambahin plat di reflektornya, dan di lem pake lem besi/ dextone biar yacquenn!
tujuannya, ya biar nambahin intensitas cahaya di tengah – ujung outpunya, biar ga numpuk di bawah/ dekat dengan pengendara.

Tahap selanjutnya setelah dikasih foreground limiter (bahasa kerennya),

2. lanjut retrofit ke headlamp verzanya gan!

*sorry gambarnya miring, emang sengaja :v

3. Setting sana sini, dan pasang juga RTD 03nya gan

nah, ditahap ini aja udah keliatan, hasil akhirnya gimana 🙂
karena konsepnya asal pasang, dan rapih, akhirnya gw ga pake AE atau pernak pernik lainnya gan 😀

skip skip skip…

setelah berjibaku dengan lem dextone, ram kawat buat nutupin bokong si reflektor yang bolong, dan solder sana sini buat sambungin kabel ke soket, akhirnya beres juga 😀

sengaja gw ga poto pantat reflektor, karena rata gan, lha wong pake ram kawat + dextone dan dempul, ya gitu aja ga menarik :v

tapi intinya, buat retrofit kali ini gw usahakan kabel semua rapih, karena semua pake soket dan solder, bukan sambung – plintir – solasi item wkwkwkwk


Untuk hasil akhirnya seperti ini,

jadi ada 3 mode,
– Mode pertama DRL
– Mode kedua DRL + Low Beam
– Mode ketiga High Beam

Mode pertama, DRL (yang dipake foglamp bagian atas)

Mode kedua, DRL + Low Beam (2 biji MT24 ICC/ L7 nyala barengan)

Mode ketiga, High Beam (high beam sedikit tertutup mika, karena mika belum gw ganti, ini masih pake mika bekas retrofit projie vios hehehe)

ada yang ngeh, ini konsep motor apa? (kalo ga ngeh, ini sebenernya nyontek dari KTM hehehe, sedikittt)

Gimana? lumayan kan hehehe

sedikit bocoran aja, biaya retrofit seperti ini ga sampe 500rb :v
untuk hasil cahaya, kurang lebih seperti ini:


Kondisi mati

DRL Mode

DRL + Low Beam

High Beam 

Rasanya kurang terang ya? maklum, lampu high beam ketutup sama mika bagian hitam hehe

sebenernya kalo cat hitam dimika ga ada, sama aja kok, ga terlalu terang bagi driver wkwkwkwkwkwkwkwkw :v :v

Tapi suer, bagi driver lawan arah, ini lampu jauh bikin mata sepet :v


Jadi gimana? lumayan kan? daripada pake projie led/ mini hid yang harganya bikin tepok jidat, masih mending MT24 ini 😀

Bagi yang penasaran dengan output cahaya/ bentuk/ karakter cahayanya, seperti ini:

DRL Mode

DRL + Low Beam

High Beam


Kesimpulan

Dengan budget ga lebih dari 500rb, dapet hasil cahaya seperti ini, seharusnya udah bersyukur ya, hehehe

Tapi balik lagi, namanya manusia pasti selalu ngerasa kurang, dan itu wajar.

Untuk karakter cahayanya sendiri, cukup bagus, terang (lebih terang daripada halogen bawaan yang 35w, dan led c6 36w), tapi cenderung sempit, iya sempit, ga selebar projector halogen/ hid pada umumnya.

Karakter cahaya yang cenderung ngumpul di tengah, dan tanpa foreground limiter (tapi untuk kasus retrofit kali ini gw tambahin foreground limiter yak, biar keliatan rapih, dan cahaya bisa lebih maju/ jauh).

Poin2nya seperti ini:

Pros/ sisi +nya:
1. Murah,
2. Simple tanpa ballast, langsung colok aki, joss,
3. Minim panas dibanding HID (3 bulan mendatang, insyaallah bakal gw post lagi soal ketahanan MT24 di dalem headlamp),
4. Cahaya cukup memuaskan,
5. apa lagi ya? ntar nyusul deh positfnya apa lagi, hehehe.

Cons/ sisi -nya:
1. Belum teruji jangka panjang untuk foglamp dimasukin ke headlamp,
2. Kelistrikan harus stabil, pait2nya malah jebol si led/ drivernya,
3. apa lagi ya? ntar nyusul deh kalo ada consnya hehehe.


Oke, sekian tulisan gw kali ini, semoga ga kepanjangan ya review tentang retrofit foglamp di headlamp motor 😀

semoga kepingin, kalo ada yang mau ditanyakan, jangan sungkan untuk isi kolom komentar dibawah 😀

Selamat ngoprek, have nice day!